Apakah arti dan tujuan Jaringan Komputer?


Apakah arti dan tujuan Jaringan Komputer? Baiklah mari kita ulas beberapa arti Jaringan Komputer dengan Tujuan dan fungsinya.

Arti dari Jaringan komputer ialah sebagai sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya dan berkomunikasi serta dapat mengakses informasi.
Agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer. (sumber id.wikipedia.org)

Tujuan Jaringan komputer antara lain:

Membagi sumber daya, misalnya membagi printer, CPU, memori, ataupun harddisk.
  1. Sebagai Alat Komunikasi dalam jaringan komputer
  2. Sebagai Akses informasi dalam jaringan komputer
  3. Simplex, di sini adalah Signal hanya ditransmit satu arah saja dimana satu stasiun sebagai pemancar dan yang lainnya sebagai penerima saja.
  4. Pada sistem ini aliran data hanya dapat terjadi ke satu arah bukan dua arah.
  5. Half-duplex   yang dimakasud disini adalah Kedua stasiun memungkinkan melakukan pengiriman, akan tetapi tidak bisa bersamaan melainkan beroperasi secara bergantian. Pada sistem ini aliran informasi dapat terjadi pada kedua arah tetapi tidak dapat bersamaan tetapi secara bersamaan.
  6. Full-duplex  artinya adalah kedua stasiun  memungkinkan mentransmisi secara serentak. Pada sistem ini aliran dapat terjadi pada kedua arah pada saat yang bersamaan. Sistem ini dapat terjadi hanya menggunakan sebuah saluran komunikasi data atau dengan menggunakan dua saluran komunikasi data saja.
Dari tujuannya saja anda sudah bisa menentukan mana yang bagus dalam jaringan komputer yang akan kita pakai.


Tag. arti jaringan komputer,apa arti jaringan komputer,arti dari jaringan komputer,arti topologi jaringan komputer,arti protokol dalam jaringan komputer,arti keamanan jaringan komputer,arti hub dalam jaringan komputer, tujuan jaringan komputer,tujuan jaringan komputer secara aplikasi,tujuan jaringan komputer lan,manfaat dan dunia jaringan komputer,fungsi dan dunia jaringan komputer,3 tujuan jaringan komputer,maksud dan tujuan jaringan komputer,pengertian dan tujuan jaringan komputer,apa tujuan jaringan komputer,konsep dan tujuan jaringan komputer lan

Sumber. Diambil dari berbagai sumber dan pencarian google

0 komentar:

Usaha Sampingan | Peluang bisnis | Peluang Usaha